Dikabarkan Misi Korut Gagal, Korut Tetap Luncurkan Rudal Jarak Pendek

Dikabarkan Misi Korut Gagal, Korut Tetap Luncurkan Rudal Jarak Pendek
Dikabarkan Misi Korut Gagal, Korut Tetap Luncurkan Rudal Jarak Pendek
Jakarta - Korea Utara (Korut) meluncurkan tiga rudal jarak pendek dari sebuah lokasi di Provinsi Gangwon meski sebelumnya dikabarkan misi itu gagal.

Pihak militer AS sebelumnya menyebut, bahwa dua rudal itu gagal diluncurkan, tetapi menurut pemeriksaan terakhir, satu rudal meledak setelah terbang sekitar 250 kilometer ke arah timur negara tersebut.

Pihak Kementerian pertahanan Korea Selatan menyebut, rudal itu sempat terbang sampai jarak 250 kilometer dari lokasi peluncuran pada Sabtu (26/8/2017) pukul 06:49 waktu setempat.

Peluncuran rudal itu berlangsung selama 30 menit, ujar satu pejabat militer AS sebagai mana dikutip BBC.com, Minggu (27/8/2017). Kementerian militer Korea Selatan mengatakan, pihaknya terus mengawasi dengan ketat terhadap Korsel untuk mengatasi provokasi lanjutan.

Beberapa waktu terakhir, Pyongyang mengancam untuk menembakkan rudal ke Guam, wilayah kekuasaan AS di Pasifik.

Tetapi uji coba terakhir ini tidak mengancam AS atau Guam, menurut pernyataa pihak militer AS. Uji coba rudal Korut seringkali dilakukan sebagai respon terhadap latihan militer Korea Selatan yang melibatkan AS.

Ribuan tentara AS dan Korea Selatan melakukan pelatihan militer, yang sebagian besar merupakan latihan simulasi komputer. Dua negara Korea ini secara teknis masih berperang seperti saat Perang Korea 1950-1953 yang berakhir dengan gencatan senjata.


-  BISNIS  -
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.