Apa Benar Bakteri Dapat Berkumpul di Shower?

Apa Benar Bakteri Dapat Berkumpul di Shower?
Apa Benar Bakteri Dapat Berkumpul di Shower?
Jakarta - Rasanya mustahil untuk mempercayai bahwa shower (wadah tempat air berpancuran) di dalam kamar mandi Anda ini penuh dengan bakteri.

Namun penemuan Noah Fierer, PhD, seorang associate professor di the ecology and evolutionary biology department di University of Colorado di Boulder menemukan bahwa shower Anda ini penuh dengan mikrobiome.

"Ketika Anda sedang menikmati air pancuran dari shower Anda, sebenarnya ada lendir di sana," ucap Fierer. Kami menyebutnya dengan biofilm, "dan lendir ini akurat," tambah Dr. Fierer.

Shower nampaknya bukan tempat ideal bagi pertumbuhan mikrobiome, namun ia tercipta dari jumlah organik yang sangat kecil di dalam air itu sendiri.

Ditambah lagi Anda pasti sedikit bingung apakah mereka bisa bertahan hidup jika Anda menyalakan air yang panas untuk mandi. 

"Ternyata mereka harus bertahan di sudut-sudut shower bagian dalam dan berpegangan serta bertoleransi dengan temperatur panas di sekitar mereka. Jika ada klorin (bahan kimia penting dalam pemurnian air) mereka juga akan bertahan agar tetap hidup," ucap Dr. Fierer.

Namun, Dr. Fierer mengatakan jangan dulu takut dengan hal ini, karena bakteri tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan Anda. Tidak membuat Anda TBC atau asma. Dan membersihkan hingga tak bersisa malah tak baik baik kesehatan tubuh Anda. 

"Ketika Anda mandi dengan shower seperti itu justru baik untuk tubuh Anda, dan mandi dengan shower seperti itu seperti bermandikan probiotik-(Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan)."



-  METROTVNEWS  -
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.